Awie Trans

Kamis, 22 Oktober 2009

Tugas Sejarah Keperawatan Indonesia

Sebutkan Nama dan NIM serta Kelas.......
Komentar anda tidak akan masuk jika anda tidak memiliki acount Google

KELAS IA dan IB. Dengan sangat menyesal. Terhitung sejak tanggal 22 Oktober 2009, maka tugas dari kelas tersebut dinyatakan diTOLAK.

IB (Sampai Posting ini dibuat, 22/10/09) TIDAK ADA SATU ORANGPUN YANG MEMASUKKAN

IA : Mereka yang diterima tugasnya adalah:
Nim : 09 : 001. 002. 003. 005. 009. 012. 014. 017. 018. 020. 021. 027. 030. 032. 033. 038. 040. 044. 045. 046. 047. 050. 054. 055. 057. 058. 060.

Tugas tersebut menjadi bagian penilaian tambahan (penugasan).

KELAS IC akan direkap terakhir hari sabtu, Insya Allah.

49 komentar:

ade.nurmayanti mengatakan...

Nama : Yade Nurmayanti
Nim :09181
Kelas :1.c

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
rusman siddiq mengatakan...

nama : Rusman Siddiq

Nim : 09173

Kelas : Ic

mutmainna mengatakan...

mutmainna
09.157
1c

nurahyou mengatakan...

Nama : Nur ayu Syam
nim : 09161
Kelas : I.c

Anonim mengatakan...

nama : Mantasyah.
nim: 09155
kelas : 1c

Siti Mirnawati mengatakan...

Nama : Siti. Mirnawati
Nim : 09045
Kelas : 1 A

Tugas individu
Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia ?
Sejarah perkembangan keperawaytan di Indonesia telah banyak dipengaruhi oleh kolonial poenjajah diantaranya Jepang, belanda dan Inggris. Dalam perkembangan di Indonesia dibagi menjadi dua masa diantaranya :
Pertama, masa sebelum kemerdekaan, pada masa itu negara Indonesia masih dalam penjajahan Belanda. Perawat berasal dari Indonesia disebut sebagai verpleger dengan dibantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit, perawat tersebut pertama kali bekerja di rumah sakit Binnen Hospital yang terletak di Jakarta pada tahun 1799 yang ditugaskan untuk memeliharea kesehatan staf dan tentara Belanda sehingga pada akhirnya masa Belanda terbentuklah Dinas kesehatan dan masyarakat. Kemudian pada masa penjajahan Inggris yaitu Rafless, mereka memperhatikan kesehatan rakyat dengan motto kesehatan adalah milik manusia dan pada saat itu pula telah diadakan berbagai usaha dalam memlihara kesehatan diantaranya usaha pengadaan dan pencacaran secara umum, membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa dan memperhatikan kesehatan pada para tawanan. Beberapa rumah sakit dibangun khususnya di jakarta yaitu pada tahun 1819, didirikan rumah sakit Stadsverband, kemudian pada tahun 1919 rumah sakit tersebut pindah ke Salemba dan sekarang dikenal dengan nama RSCM ( Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo), kemudian diikuti rumah sakit milik swasta. Pada tahun 1942-1945 terjadi kekalahan tentara sekutu dan kedatangan tentara Jepang.
Kedua, masa setelah kemerdekaan, pada tahun 1949 telah banyak rumah sakit yang didirikan serta balai kesehatan pada tahun 1952 didirikan sekolah perawat, kemudian pada tahun 1962 telah dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan diploma. Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksankan di Universitas Indonesia dengan nama program studi ilmu keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnya ilmu keperawatan maka menjadi sebuah fakultas keperawatan yang beberapa tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai Universitas di Indonesia seperti di Bnadung, Yogyakarta, Surabaya, dll. Setelah lokakarya pada tahun 1983 proses menjadikan diri profesional sudah mulai dirasakan dengan adanya proses pengakuan dari profesi lainnya.

Fitriyani mengatakan...

Nama : Fitriyani
Nim : 09136
Kelas: 1 C

erlhy mengatakan...

Nama :Erlinawati Dasnung
Nim : 09012
Kelas : 1.a

1).sejarah perkembangan keperawatan di indonesia pada zaman penjajahan.

a.masa penjajahan belanda .

perkembangan keperawatan di indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu saat penjajahan kolonial belanda, inggris, dan jepang. pada masa pemerintahan kolonial belanda, perawat berasal dari penduduk pri bumi yang disebut Verpleger dengan dibantu Zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit.perawat tersebut pertama kali bekerja dirumah sakit Binnen Hospital jakarta pada tahun 1799 yang ditugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara belanda.

usaha pemerintahn kolonial belanda pada masa ini adalah membentuk dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat. Daendels mendirikan rumah sakit dijakarta, surabaya, dan semarang, tetapi tidak diikuti perkembangan keperawatan, karena tujuannya hanya untuk kepentingan tentara belanda.

b.masa penjajahan inggris.

gubernur jenderal inggris ketika VOC berkuasayaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. berangkat dari semboyannya yaitu kesehatan adalah milik manusia, ia melakukan berbagai upaya memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain:

- pencacaran umum.

- cara perawatan pasien dengan
ganguan jiwa.

- kesehatan para tahanan.

seterlah pemerintahan kolonial kembali ke tangan belanda, beberapa penduduk lebih maju. pada tahun 1819 didirikan RS.Stadsverband di glodok jakarta dan pada tahun 1919 di pindahkan ke salemba yaitu RS.Cipto mangunkusomo (RSCM). tahun 1816-1942 berdiri rumah sakit-rumah sakit hampir bersamaan yaitu RS.PGI cikini jakarta,RS.ST boromeus di bandung, RS.elizabeth di semarang. bersamaan itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat.pada tahun 1942-1945 terjadi kekalahan tentara sekutu dan kedatangan tentara jepang.

c.masa penjajahan jepang.

memyebabakan perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di indonesia. kemunduran ini terlihat pada:

- pekerjaan perawatdikerjakan oleh oranr-orang yang terdidik.

- pimpinan RS di ambil alih oleh orang-orang jepang.

- obat-obatan sangat kekurangan.

- wabah penyakit terjadi dimana-mana.

2). sejarah perkembangan keperawatan pada zaman kemerdekaan.

tahun 1949 mulai adanya pembangunan di bidang kesehatan yaitu rumah sakit dan balai pengobatan. tahun 1952 didirikan sekolah perawat dan sekolah perawat setingkat SMP. pendidikan keperawatan profesional mulai didirikan tahun 1962 yaitu akper milik Departemen kesehatan di jakarta untuk memghasilkan perawat profesional pemula. pendirian fakultas ilmu keperawatan (FIK) mulai bermunculan, tahun 1985didirikan PSIK ( program studi ilmu keperawatan )yang merupakan momentum kebangkitan keperawatandi indonesia. tahun 1995 PSIK FK ui berubah status menjadi FK UI. kemudian muncul PSIK-PSIK baru seperti di undip , UGM, UNHAS dll.

Unknown mengatakan...

nama : mutmainnah latief
nim : 09 158
klas : 1c

eirichzon3 mengatakan...

NAMA : ERWIN HASRUL
NIM : 09134
KELAS : 1 C
Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia dari Masa Penjajahan Sampai Sekarang

Perkembangan keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi social dan ekonomi oleh colonial penjajah diantaranya jepang, belanda, dan inggris, serta situasi pemerintahan Indonesia setelah Indonesia merdeka. Dalam perkembangannya di Indonesia dibagi menjadi masa yaitu masa sebelum kemerdekaan dan masa setelah kemerdekaan.
1. Masa sebelum kemerdekaan

Masa penjajahan belanda
pada masa itu Negara Indonesia masih dalam penjajahan belanda. Perawat berasal dari Indonesia disebut sebagai verpleger dengan dibantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit, perawat tersebut pertama kali bekerja di rumah sakit binnen hospital yang terletak di Jakarta pda tahun 1799 yang ditugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara belanda, sehingga akhirnya pada masa belanda terbentuklah dinas kesehatan tentara(military gezond herds dients)dan dinas kesehatan rakyat(Burgerlijke gezandherds dienst). Mengingat tujuan pendirian rumah sakit hanya untuk kepentingan belanda, maka tidak diikuti perkembangan keperawatan. Belanda juga mendirikan rumah sakit II Butten Hospital

Zaman penjajahan Inggris
Gubernur jendral Rafles sangat memperhatikan rakyat semboyan :Kesehatan adalah milik manusia. Usaha-usahanya dibidang kesehatan :
- Pencacaran secara umum
- Membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
- Memperhatikan kesehatan pada para tawanan

Zaman penjajahan Jepang
Menyebabkan perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di Indonesia. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada
à pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik,
à Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang jepang,
à Obat-obatan sangat kurang
à Wabah penyakit terjadi dimana-mana.
2. Zaman kemerdekaan

Usaha-usaha dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibangun rumah skit dan balai kesehatn. Tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP tahun 1962 mulai didirikan pendidikan keperawatan professional.

v Tahun 1962-sekarang
Keperawatan mulai berkembang dengan pesat
Tahun 1962 mulai banyak berdiri akademi keperawatan (AKPER) tahun 1985 program studi ilmu keperawatan (PSIK) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran universitas Indonesia lulusan I tahun 1988
Dampak : Meningkatkan pelayanan keperawatan, pendekatan proses keperawatan dan meningkatkan peran dan fungsi perawat.

v Tahun 1962-sekarang
Keperawatan mulai berkembang dengan pesat
Tahun 1962 mulai banyak berdiri akademi keperawatan (AKPER) tahun 1985 program studi ilmu keperawatan (PSIK) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran universitas Indonesia lulusan I tahun 1988
Dampak : Meningkatkan pelayanan keperawatan, pendekatan proses keperawatan dan meningkatkan peran dan fungsi perawat.

Unknown mengatakan...

Name :Susianti
Nim :09055
Kelas:1.A

Unknown mengatakan...

Nama :Dasriani
Nim :09009
Kelas:1.A

Unknown mengatakan...

NAMA :susianti
NIM :09055
KELAS:1.A

rustam mengatakan...

KONSEP DASAR KEPERAWATAN
“sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia mulai dari zaman penjajahan sampai sekarang”




DISUSUN OLEH :
RUSTAM PAMUNGKAS
NIM : 09044
KELAS : 1A

AKPER MUHAMMADIAH
Makassar
2009
SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA MULAI DARI SAMAN PENJAJAH SAMPAI SEKARANG

Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia telah banyak dipengaruih oleh kolonial penjajah diantarnya jepang,belanda dan inggris.dalam perkembangannya di Indonesia di bagi menjadi dua di antaranya :
Pertama, masa sebelum kemerdekaan,pada masa itu Indonesia masih dalam penjajahan belanda.Perawat berasal dari Indonesia di sebut sebagai verpleger dengan di bantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit, perawat tersebut pertama kali bekerja dirumah sakit Binnen Hospital yang terletak di Jakarta pada tahun 1799 yang di tugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda,sehingga akhirnya pada masa Belanda terbentuklah dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat.Mengingat tujuan pendirian rumah sakit hanya untuk kepentingan Belanda,maka tidak diikuti perkembangan dalam keperawatan.Kemudian masa penjajahan inggris yaitu Rafless,mereka memperhatikan kesehatan rakyat dengan moto kesehatan adalah milik manusiadan pada saat itu pula telah diadakan berbagai usaha dalam memelihara kesehatan diantaranya usaha pengadaan pencacaran secara umum,mebenai cara perawatnan pasien dengan gangguan jiwa dan memperhatikan kesehatan pada para tawanan.
Beberapa rumah sakit di bangun khususnya di Jakarta yaitu pada tahun 1819,didirikan rumah sakit stadsverband,kemudian pad tahun 1919 rumah sakit tersebut pindah ke salemba dan sekarang dikenal dengan nama RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo),kemudian diikuti rumah sakit swasta.Pada tahun 1942-1945 terjadi kekalahan tentara sekutu dan kedatangan tentara jepang.Perkembangan keperawatan mengalami kemunduran.
kedua ,masa setelah kemerdekaan ,pada tahun 1949 telah banyak rumah sakit yang didirikan serta balai pengobatan dan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan pada tahun 1952 didirikan sekolah perawat, kemudian pada tahun 1962 telah dibuka pendidikan keperawatan setara dengan diploma. Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan di Universitas Indonesia dengan dengan program studi ilmu keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnnya ilmu keperawatan, maka menjadi sebuah fakultas ilmu keperawatan dan beberapa tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 di berbagai Universitas di Indonesia seperti bandung,Yogyakarta,Surabaya,dan lain-lain.

Nurwahidah. AR mengatakan...

Nama : Nurwahidah. AR
NIM : 09040
KELAS : 1A


SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN INDONESIA

-Masa Penjajahan :


Pada masa penjajahan Belanda, perawat berasal dari Indonesia disebut verpleger dengan dibantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga rumah sakit, perawat tersebut pertama kali bekerja di rumah sakit Binnen Hospital yang terletak di Jakarta pada tahun 1799 yang di tugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda, sehingga akhirnya pada masa Belanda terbentuklah dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat. Kemudian pada masa penjajahn Inggris yaitu Rafless, mereka memperhatikan kesehatan rakyat dengan moto kesehatan adalah milik manusia dan pada saat itu pula telah diadakan berbagai usaha dalam memelihara kesehatan diantaranya usaha pengasaan pencacaran secara umum, membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa dan memperhatikan kesehatan pada para tawanan.

Beberapa rumah sakit dibangun khususnya di Jakarta yaitu pada tahun 1819, didirikan rumah sakit Stadsverband, kemudian pada tahun 1919 rumah sakit tersebut pindah ke Salemba dan sekarang dikenal dengan nama RSCM.

-Masa Kemerdekaan :


Pada tahun 1949 telah banyak rumah sakit yang didirikan serta balai pengobatan dan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan pada tahun 1952 didirikan sekolah perawat, pada tahun 1962 dibuka pendidikan keperawatan setara dengan diploma. Tahun 1985 dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana d Universitas Indonesia. Dengan perkembangan Ilmu Keperawatan, maka menjadi sebuah Fakultas Ilmu Keperawatan dan beberapa tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai universitas di Indonesia seperti di Bandung, Yogyakarta, Surabaya,dll.

Setelah lokakarya pada tahun 1983, proses menjadikan diri professional sudah bmulai dirasakan dengan adanya proses pengakuan dari profesi lain.

Unknown mengatakan...

Nama: A. Indah Permana
Nim: 09001
Kelas : 1A




Sejarah dan perkembangan keperawatan di Indonesia dimulai pada masa penjajahan Belanda sampai pada masa kemerdekaan.

1. Masa Penjajahan Belanda

Perkembangam keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu pada saat penjajahan kolonial Belanda, Inggris dan Jepang. Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, perawat berasal dari penduduk pribumi yang disebut Velpeger dengan dibantu Zieken Oppaser sebagai penjaga orang sakit.

Tahun 1799 didirikan rumah sakit Binen Hospital di Jakarta untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda. Usaha pemerintah kolonial Belanda pada masa ini adalah membentuk Dinas Kesehatan Tentara dan Dinas Kesehatan Rakyat. Daendels mendirikan rumah sakit di Jakarta, Surabaya dan Semarang, tetapi tidak diikuti perkembangan profesi keperawatan, karena tujuannya hanya untuk kepentingan tentara Belanda.

2. Masa Penjajahan Inggris (1812 – 1816)

Gurbernur Jenderal Inggris ketika VOC berkuasa yaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Berangkat dari semboyannya yaitu kesehatan adalah milik manusia, ia melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain :

- pencacaran umum

- cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa

- kesehatan para tahanan

Setelah pemerintahan kolonial kembali ke tangan Belanda, kesehatan penduduk lebih maju. Pada tahun 1819 didirikan RS. Stadverband di Glodok Jakarta dan pada tahun 1919 dipindahkan ke Salemba yaitu RS. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Tahun 1816 – 1942 berdiri rumah sakit – rumah sakit hampir bersamaan yaitu RS. PGI Cikini Jakarta, RS. ST Carollus Jakarta, RS. ST. Boromeus di Bandung, RS Elizabeth di Semarang. Bersamaan dengan itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat.

3. Zaman Penjajahan Jepang (1942 – 1945)

Pada masa ini perkembangan keperawatan mengalami kemunduran, dan dunia keperawatan di Indonesia mengalami zaman kegelapan. Tugas keperawatan dilakukan oleh orang-orang tidak terdidik, pimpinan rumah sakit diambil alih oleh Jepang, akhirnya terjadi kekurangan obat sehingga timbul wabah.

4. Zaman Kemerdekaan

Tahun 1949 mulai adanya pembangunan dibidang kesehatan yaitu rumah sakit dan balai pengobatan. Tahun 1952 didirikan Sekolah Guru Perawat dan sekolah perawat setimgkat SMP. Pendidikan keperawatan profesional mulai didirikan tahun 1962 yaitu Akper milik Departemen Kesehatan di Jakarta untuk menghasilkan perawat profesional pemula. Pendirian Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) mulai bermunculan, tahun 1985 didirikan PSIK ( Program Studi Ilmu Keperawatan ) yang merupakan momentum kebangkitan keperawatan di Indonesia. Tahun 1995 PSIK FK UI berubah status menjadi FIK UI. Kemudian muncul PSIK-PSIK baru seperti di Undip, UGM, UNHAS dll.

Wulandari mengatakan...

NAMA : WULANDARI
NIM : 09060
KELAS : 1A



SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN di INDONESIA

Perkembanagan keperawatan di Indonesia di pengaruhi oleh kondisi social dan ekonomi yaitu penjajahan pemerintahan colonial Belnda, Inggris dan Jepang serta situasi pemerintahan Indonesia setelah Indonesia merdeka

1. Masa penjajahan Belanda
Pada masa itu perawat berasal dari pendudk pribumi yang disebut VELPLEGEK dengan sebutan zieken oppaser sebagai penjaga rumah sakit. Dalam usahanya dibidang kesehatan sebagai berikut :
a. Mendirikan rumah sakit Binnen Hospital di Jakarata pada tahun 1799
b. Mendirikan rumah sakit Butten Hospital
c. Membentuk dinas kesehatan tentara ( military gezond herds dients )
d. Membentuk dinas kesehatan rakyat ( burgerlijike gezandherds dients )

2. Masa penjajahan Inggris
Gubernur jenderal Raffles sangat memperhatikan rakyat semboyan : “ kesehatan adalah milik manusia ”. usahanya dalam bidang kesehatan sebagai berikut :
a. Pencacaran secara umum
b. Membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
c. Memperhatika kesehatan pada para tawanan

3. Masa penjajahan Jepang

Perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di Indonesia. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada :

a. Pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik
b. Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang Jepang
c. Obat-obatan sangat kurang
d. Wabah penyakit terjadi dimana-mana

Zaman kemerdekaan usaha-usahanya dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibnagun rumah sakit dan balai kesehatan,pada tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP , tahun 1962 mulai didrikan pendidikan keperawatan profesional. Pada tahun 1962 keperawatan mulai berkembang dengan pesat dan pada tahun ini mulai banyak berdiri akademi keperawatan ( AKPER ) tahun 1985 program study ilmu keperawatan ( PSIK ) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran Universitas Indonesia lulusan 1 tahun 1988.

Dampak : - meningkatkan pelayanan keperawatan,p pendekatan proses keperawatan, dan meningkatkan peran dan fungsi perawat

Muftihaturrahma mengatakan...

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN di INDONESIA

Perkembanagan keperawatan di Indonesia di pengaruhi oleh kondisi social dan ekonomi yaitu penjajahan pemerintahan colonial Belnda, Inggris dan Jepang serta situasi pemerintahan Indonesia setelah Indonesia merdeka

1. Masa penjajahan Belanda
Pada masa itu perawat berasal dari pendudk pribumi yang disebut VELPLEGEK dengan sebutan zieken oppaser sebagai penjaga rumah sakit. Dalam usahanya dibidang kesehatan sebagai berikut :
a. Mendirikan rumah sakit Binnen Hospital di Jakarata pada tahun 1799
b. Mendirikan rumah sakit Butten Hospital
c. Membentuk dinas kesehatan tentara ( military gezond herds dients )
d. Membentuk dinas kesehatan rakyat ( burgerlijike gezandherds dients )

2. Masa penjajahan Inggris
Gubernur jenderal Raffles sangat memperhatikan rakyat semboyan : “ kesehatan adalah milik manusia ”. usahanya dalam bidang kesehatan sebagai berikut :
a. Pencacaran secara umum
b. Membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
c. Memperhatika kesehatan pada para tawanan

3. Masa penjajahan Jepang

Perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di Indonesia. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada :

a. Pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik
b. Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang Jepang
c. Obat-obatan sangat kurang
d. Wabah penyakit terjadi dimana-mana

Zaman kemerdekaan usaha-usahanya dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibnagun rumah sakit dan balai kesehatan,pada tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP , tahun 1962 mulai didrikan pendidikan keperawatan profesional. Pada tahun 1962 keperawatan mulai berkembang dengan pesat dan pada tahun ini mulai banyak berdiri akademi keperawatan ( AKPER ) tahun 1985 program study ilmu keperawatan ( PSIK ) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran Universitas Indonesia lulusan 1 tahun 1988.

Dampak : - meningkatkan pelayanan keperawatan,p pendekatan proses keperawatan, dan meningkatkan peran dan fungsi perawat

Marzuki mengatakan...

NAMA : MARZUKI
KELAS : 1A
NIM : 09 027

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA


A. Masa Sebelum Kemerdekaan
¬- Zaman penjajahan Belanda
Tahun 1596 Cornelis De Houtman adalah orang Belanda pertama yang datang ke Indonesia pada zaman penjajahan.Orang-orang Belanda datang ke Indonesia pertama kali dengan maksud untuk berdagang. Dalam usaha perdagangannya itu di bentuklah VOC. Sehubungan dengan adanya staf dan tentara maka dua usaha kesehatan. Untuk itu didirikanlah rumah sakit yang pertama yang bernama " Binnen Hospital " didirikan pada tahun 1641 bertempat di Batavia ( sekarang Jakarta) Tenaga perawatannya diambil dari penduduk pribumi ( Bumi Putera ) yang diberi nama Zieken oppaser ( penjaga orang sakit) Rumah sakit ini dibawah pengawasan dokter militer. Pada tahun 1724-1744) di luar kota didirikan rumah sakit yang kedua yang diberi nama : Buiten Hospital mengantikan Binnen Hospital yang di tutup pada tahun1808.

- Zaman Penjajahan Inggris (1811-1816)

Gubernur Jenderal Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Usaha-usaha di bidang kesehatan tersebut dinyatakan dalam kata-katanya "kesehatan adalah milik manusia". Usaha-usahanya:
a. Mengadakan vaksinasi umum
b. Memperbaiki perawatan orang sakit gila (jiwa)
c. Memperbaiki perawatan dari orang-orang tahanan.


- Zaman Penjajahan Jepang (1942-1945)
Pada zaman penjajahan jepang keperawatan di Indonesia boleh dikatakan mundur.
. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada antara lain :
• pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik,
• Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang jepang,
• Obat-obatan sangat kurang
• Wabah penyakit terjadi dimana-mana.


B. Masa Setelah Kemerdekaan
Usaha-usaha dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibangun rumah skit dan balai kesehatn. Tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP. Tahun 1962 mulai didirikan pendidikan akademi keperawatan (AKPER) setara dengan diploma. Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan di Universitas Indonesia dengan nama Program Studi Ilmu Keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnya ilmu keperawatan, maka menjadi sebuah Fakultas Ilmu Keperawatan dan bebera tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai Indonesia seperti di Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan lain-lain.

Irnawati mengatakan...

NAMA  : IRNAWATIKELAS : 1ANIM      : 09 021SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA A. Masa Sebelum Kemerdekaan¬-   Zaman penjajahan Belanda  Tahun 1596 Cornelis De Houtman adalah orang Belanda pertama yang datang ke Indonesia pada zaman penjajahan.Orang-orang Belanda datang ke Indonesia pertama kali dengan maksud untuk berdagang. Dalam usaha perdagangannya itu di bentuklah VOC. Sehubungan dengan adanya staf dan tentara maka dua usaha kesehatan. Untuk itu didirikanlah rumah sakit yang pertama yang bernama " Binnen Hospital " didirikan pada tahun 1641 bertempat di Batavia ( sekarang Jakarta) Tenaga perawatannya diambil dari penduduk pribumi ( Bumi Putera ) yang diberi nama Zieken oppaser ( penjaga orang sakit) Rumah sakit ini dibawah pengawasan dokter militer. Pada tahun 1724-1744) di luar kota didirikan rumah sakit yang kedua yang diberi nama : Buiten Hospital mengantikan Binnen Hospital yang di tutup pada tahun1808.  -     Zaman Penjajahan Inggris (1811-1816)    Gubernur Jenderal Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Usaha-usaha di bidang kesehatan tersebut dinyatakan dalam kata-katanya "kesehatan adalah milik manusia". Usaha-usahanya:a. Mengadakan vaksinasi umumb. Memperbaiki perawatan orang sakit gila (jiwa)c. Memperbaiki perawatan dari orang-orang tahanan.-     Zaman Penjajahan Jepang (1942-1945)  Pada zaman penjajahan jepang keperawatan di Indonesia boleh dikatakan mundur. . Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada antara lain :• pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik,• Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang jepang,• Obat-obatan sangat kurang• Wabah penyakit terjadi dimana-mana.B.  Masa Setelah KemerdekaanUsaha-usaha dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibangun rumah skit dan balai kesehatn. Tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP. Tahun 1962 mulai didirikan pendidikan akademi keperawatan (AKPER) setara dengan diploma. Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan di Universitas Indonesia dengan nama Program Studi Ilmu Keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnya ilmu keperawatan, maka menjadi sebuah Fakultas Ilmu Keperawatan dan bebera tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai Indonesia seperti di Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan lain-lain.

Syamsinar Sainal mengatakan...

NAMA  : Syamsinar SainalKELAS : 1ANIM      : 09 057SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA A. Masa Sebelum Kemerdekaan¬-   Zaman penjajahan Belanda  Tahun 1596 Cornelis De Houtman adalah orang Belanda pertama yang datang ke Indonesia pada zaman penjajahan.Orang-orang Belanda datang ke Indonesia pertama kali dengan maksud untuk berdagang. Dalam usaha perdagangannya itu di bentuklah VOC. Sehubungan dengan adanya staf dan tentara maka dua usaha kesehatan. Untuk itu didirikanlah rumah sakit yang pertama yang bernama " Binnen Hospital " didirikan pada tahun 1641 bertempat di Batavia ( sekarang Jakarta) Tenaga perawatannya diambil dari penduduk pribumi ( Bumi Putera ) yang diberi nama Zieken oppaser ( penjaga orang sakit) Rumah sakit ini dibawah pengawasan dokter militer. Pada tahun 1724-1744) di luar kota didirikan rumah sakit yang kedua yang diberi nama : Buiten Hospital mengantikan Binnen Hospital yang di tutup pada tahun1808.  -     Zaman Penjajahan Inggris (1811-1816)    Gubernur Jenderal Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Usaha-usaha di bidang kesehatan tersebut dinyatakan dalam kata-katanya "kesehatan adalah milik manusia". Usaha-usahanya:a. Mengadakan vaksinasi umumb. Memperbaiki perawatan orang sakit gila (jiwa)c. Memperbaiki perawatan dari orang-orang tahanan.-     Zaman Penjajahan Jepang (1942-1945)  Pada zaman penjajahan jepang keperawatan di Indonesia boleh dikatakan mundur. . Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada antara lain :• pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik,• Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang jepang,• Obat-obatan sangat kurang• Wabah penyakit terjadi dimana-mana.B.  Masa Setelah KemerdekaanUsaha-usaha dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibangun rumah skit dan balai kesehatn. Tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP. Tahun 1962 mulai didirikan pendidikan akademi keperawatan (AKPER) setara dengan diploma. Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan di Universitas Indonesia dengan nama Program Studi Ilmu Keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnya ilmu keperawatan, maka menjadi sebuah Fakultas Ilmu Keperawatan dan bebera tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai Indonesia seperti di Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan lain-lain.

A. Tuti mengatakan...

NAMA : A.Tuti Reski
KELAS : 1A
NIM : 09 003
SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA


A. Masa Sebelum Kemerdekaan
¬- Zaman penjajahan Belanda
Tahun 1596 Cornelis De Houtman adalah orang Belanda pertama yang datang ke Indonesia pada zaman penjajahan.Orang-orang Belanda datang ke Indonesia pertama kali dengan maksud untuk berdagang. Dalam usaha perdagangannya itu di bentuklah VOC. Sehubungan dengan adanya staf dan tentara maka dua usaha kesehatan. Untuk itu didirikanlah rumah sakit yang pertama yang bernama " Binnen Hospital " didirikan pada tahun 1641 bertempat di Batavia ( sekarang Jakarta) Tenaga perawatannya diambil dari penduduk pribumi ( Bumi Putera ) yang diberi nama Zieken oppaser ( penjaga orang sakit) Rumah sakit ini dibawah pengawasan dokter militer. Pada tahun 1724-1744) di luar kota didirikan rumah sakit yang kedua yang diberi nama : Buiten Hospital mengantikan Binnen Hospital yang di tutup pada tahun1808.

- Zaman Penjajahan Inggris (1811-1816)

Gubernur Jenderal Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Usaha-usaha di bidang kesehatan tersebut dinyatakan dalam kata-katanya "kesehatan adalah milik manusia". Usaha-usahanya:
a. Mengadakan vaksinasi umum
b. Memperbaiki perawatan orang sakit gila (jiwa)
c. Memperbaiki perawatan dari orang-orang tahanan.


- Zaman Penjajahan Jepang (1942-1945)
Pada zaman penjajahan jepang keperawatan di Indonesia boleh dikatakan mundur.
. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada antara lain :
• pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik,
• Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang jepang,
• Obat-obatan sangat kurang
• Wabah penyakit terjadi dimana-mana.


B. Masa Setelah Kemerdekaan
Usaha-usaha dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibangun rumah skit dan balai kesehatn. Tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP. Tahun 1962 mulai didirikan pendidikan akademi keperawatan (AKPER) setara dengan diploma. Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan di Universitas Indonesia dengan nama Program Studi Ilmu Keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnya ilmu keperawatan, maka menjadi sebuah Fakultas Ilmu Keperawatan dan bebera tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai Indonesia seperti di Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan lain-lain.

Nisrinah mengatakan...

NAMA : Nisrinah Atiqah
KELAS : 1A
NIM : 09 033

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA


A. Masa Sebelum Kemerdekaan
¬- Zaman penjajahan Belanda
Tahun 1596 Cornelis De Houtman adalah orang Belanda pertama yang datang ke Indonesia pada zaman penjajahan.Orang-orang Belanda datang ke Indonesia pertama kali dengan maksud untuk berdagang. Dalam usaha perdagangannya itu di bentuklah VOC. Sehubungan dengan adanya staf dan tentara maka dua usaha kesehatan. Untuk itu didirikanlah rumah sakit yang pertama yang bernama " Binnen Hospital " didirikan pada tahun 1641 bertempat di Batavia ( sekarang Jakarta) Tenaga perawatannya diambil dari penduduk pribumi ( Bumi Putera ) yang diberi nama Zieken oppaser ( penjaga orang sakit) Rumah sakit ini dibawah pengawasan dokter militer. Pada tahun 1724-1744) di luar kota didirikan rumah sakit yang kedua yang diberi nama : Buiten Hospital mengantikan Binnen Hospital yang di tutup pada tahun1808.

- Zaman Penjajahan Inggris (1811-1816)

Gubernur Jenderal Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Usaha-usaha di bidang kesehatan tersebut dinyatakan dalam kata-katanya "kesehatan adalah milik manusia". Usaha-usahanya:
a. Mengadakan vaksinasi umum
b. Memperbaiki perawatan orang sakit gila (jiwa)
c. Memperbaiki perawatan dari orang-orang tahanan.


- Zaman Penjajahan Jepang (1942-1945)
Pada zaman penjajahan jepang keperawatan di Indonesia boleh dikatakan mundur.
. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada antara lain :
• pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik,
• Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang jepang,
• Obat-obatan sangat kurang
• Wabah penyakit terjadi dimana-mana.


B. Masa Setelah Kemerdekaan
Usaha-usaha dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibangun rumah skit dan balai kesehatn. Tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP. Tahun 1962 mulai didirikan pendidikan akademi keperawatan (AKPER) setara dengan diploma. Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan di Universitas Indonesia dengan nama Program Studi Ilmu Keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnya ilmu keperawatan, maka menjadi sebuah Fakultas Ilmu Keperawatan dan bebera tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai Indonesia seperti di Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan lain-lain.

Suriani mengatakan...

Nama : Suriani
Kelas : 1A
Nim : 09054



SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN di INDONESIA

Perkembanagan keperawatan di Indonesia di pengaruhi oleh kondisi social dan ekonomi yaitu penjajahan pemerintahan colonial Belnda, Inggris dan Jepang serta situasi pemerintahan Indonesia setelah Indonesia merdeka

1. Masa penjajahan Belanda
Pada masa itu perawat berasal dari pendudk pribumi yang disebut VELPLEGEK dengan sebutan zieken oppaser sebagai penjaga rumah sakit. Dalam usahanya dibidang kesehatan sebagai berikut :
a. Mendirikan rumah sakit Binnen Hospital di Jakarata pada tahun 1799
b. Mendirikan rumah sakit Butten Hospital
c. Membentuk dinas kesehatan tentara ( military gezond herds dients )
d. Membentuk dinas kesehatan rakyat ( burgerlijike gezandherds dients )

2. Masa penjajahan Inggris
Gubernur jenderal Raffles sangat memperhatikan rakyat semboyan : “ kesehatan adalah milik manusia ”. usahanya dalam bidang kesehatan sebagai berikut :
a. Pencacaran secara umum
b. Membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
c. Memperhatika kesehatan pada para tawanan

3. Masa penjajahan Jepang

Perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di Indonesia. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada :

a. Pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik
b. Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang Jepang
c. Obat-obatan sangat kurang
d. Wabah penyakit terjadi dimana-mana

Zaman kemerdekaan usaha-usahanya dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibnagun rumah sakit dan balai kesehatan,pada tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP , tahun 1962 mulai didrikan pendidikan keperawatan profesional. Pada tahun 1962 keperawatan mulai berkembang dengan pesat dan pada tahun ini mulai banyak berdiri akademi keperawatan ( AKPER ) tahun 1985 program study ilmu keperawatan ( PSIK ) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran Universitas Indonesia lulusan 1 tahun 1988.

Dampak : - meningkatkan pelayanan keperawatan,p pendekatan proses keperawatan, dan meningkatkan peran dan fungsi perawat

Siti Raudhah mengatakan...

Nama : Siti Raudhah
Nim : 09047
Kelas : 1A


SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN di INDONESIA

Perkembanagan keperawatan di Indonesia di pengaruhi oleh kondisi social dan ekonomi yaitu penjajahan pemerintahan colonial Belnda, Inggris dan Jepang serta situasi pemerintahan Indonesia setelah Indonesia merdeka

1. Masa penjajahan Belanda
Pada masa itu perawat berasal dari pendudk pribumi yang disebut VELPLEGEK dengan sebutan zieken oppaser sebagai penjaga rumah sakit. Dalam usahanya dibidang kesehatan sebagai berikut :
a. Mendirikan rumah sakit Binnen Hospital di Jakarata pada tahun 1799
b. Mendirikan rumah sakit Butten Hospital
c. Membentuk dinas kesehatan tentara ( military gezond herds dients )
d. Membentuk dinas kesehatan rakyat ( burgerlijike gezandherds dients )

2. Masa penjajahan Inggris
Gubernur jenderal Raffles sangat memperhatikan rakyat semboyan : “ kesehatan adalah milik manusia ”. usahanya dalam bidang kesehatan sebagai berikut :
a. Pencacaran secara umum
b. Membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
c. Memperhatika kesehatan pada para tawanan

3. Masa penjajahan Jepang

Perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di Indonesia. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada :

a. Pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik
b. Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang Jepang
c. Obat-obatan sangat kurang
d. Wabah penyakit terjadi dimana-mana

Zaman kemerdekaan usaha-usahanya dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibnagun rumah sakit dan balai kesehatan,pada tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP , tahun 1962 mulai didrikan pendidikan keperawatan profesional. Pada tahun 1962 keperawatan mulai berkembang dengan pesat dan pada tahun ini mulai banyak berdiri akademi keperawatan ( AKPER ) tahun 1985 program study ilmu keperawatan ( PSIK ) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran Universitas Indonesia lulusan 1 tahun 1988.

Dampak : - meningkatkan pelayanan keperawatan,p pendekatan proses keperawatan, dan meningkatkan peran dan fungsi perawat

Hasnawati mengatakan...

Nama : Hasnawati
Nim : 09017
Kelas :1A



Sejarah dan perkembangan keperawatan di Indonesia
1. Masa Penjajahan Belanda
Perkembangam keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu pada saat penjajahan kolonial Belanda, Inggris dan Jepang. Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, perawat berasal dari penduduk pribumi yang disebut Velpeger dengan dibantu Zieken Oppaser sebagai penjaga orang sakit.
Tahun 1799 didirikan rumah sakit Binen Hospital di Jakarta untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda. Usaha pemerintah kolonial Belanda pada masa ini adalah membentuk Dinas Kesehatan Tentara dan Dinas Kesehatan Rakyat. Daendels mendirikan rumah sakit di Jakarta, Surabaya dan Semarang, tetapi tidak diikuti perkembangan profesi keperawatan, karena tujuannya hanya untuk kepentingan tentara Belanda.
2. Masa Penjajahan Inggris (1812 – 1816)
Gurbernur Jenderal Inggris ketika VOC berkuasa yaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Berangkat dari semboyannya yaitu kesehatan adalah milik manusia, ia melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain :
- pencacaran umum
- cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
- kesehatan para tahanan
Setelah pemerintahan kolonial kembali ke tangan Belanda, kesehatan penduduk lebih maju. Pada tahun 1819 didirikan RS. Stadverband di Glodok Jakarta dan pada tahun 1919 dipindahkan ke Salemba yaitu RS. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Tahun 1816 – 1942 berdiri rumah sakit – rumah sakit hampir bersamaan yaitu RS. PGI Cikini Jakarta, RS. ST Carollus Jakarta, RS. ST. Boromeus di Bandung, RS Elizabeth di Semarang. Bersamaan dengan itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat.
3. Zaman Penjajahan Jepang (1942 – 1945)
Pada masa ini perkembangan keperawatan mengalami kemunduran, dan dunia keperawatan di Indonesia mengalami zaman kegelapan. Tugas keperawatan dilakukan oleh orang-orang tidak terdidik, pimpinan rumah sakit diambil alih oleh Jepang, akhirnya terjadi kekurangan obat sehingga timbul wabah.
4. Zaman Kemerdekaan
Tahun 1949 mulai adanya pembangunan dibidang kesehatan yaitu rumah sakit dan balai pengobatan. Tahun 1952 didirikan Sekolah Guru Perawat dan sekolah perawat setimgkat SMP. Pendidikan keperawatan profesional mulai didirikan tahun 1962 yaitu Akper milik Departemen Kesehatan di Jakarta untuk menghasilkan perawat profesional pemula. Pendirian Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) mulai bermunculan, tahun 1985 didirikan PSIK ( Program Studi Ilmu Keperawatan ) yang merupakan momentum kebangkitan keperawatan di Indonesia. Tahun 1995 PSIK FK UI berubah status menjadi FIK UI. Kemudian muncul PSIK-PSIK baru seperti di Undip, UGM, UNHAS dll.

Muh. Saebi mengatakan...

Nama : Muh. Saebi
Nim : 09030
Kelas :1A


Sejarah dan perkembangan keperawatan di Indonesia
1. Masa Penjajahan Belanda
Perkembangam keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu pada saat penjajahan kolonial Belanda, Inggris dan Jepang. Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, perawat berasal dari penduduk pribumi yang disebut Velpeger dengan dibantu Zieken Oppaser sebagai penjaga orang sakit.
Tahun 1799 didirikan rumah sakit Binen Hospital di Jakarta untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda. Usaha pemerintah kolonial Belanda pada masa ini adalah membentuk Dinas Kesehatan Tentara dan Dinas Kesehatan Rakyat. Daendels mendirikan rumah sakit di Jakarta, Surabaya dan Semarang, tetapi tidak diikuti perkembangan profesi keperawatan, karena tujuannya hanya untuk kepentingan tentara Belanda.
2. Masa Penjajahan Inggris (1812 – 1816)
Gurbernur Jenderal Inggris ketika VOC berkuasa yaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Berangkat dari semboyannya yaitu kesehatan adalah milik manusia, ia melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain :
- pencacaran umum
- cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
- kesehatan para tahanan
Setelah pemerintahan kolonial kembali ke tangan Belanda, kesehatan penduduk lebih maju. Pada tahun 1819 didirikan RS. Stadverband di Glodok Jakarta dan pada tahun 1919 dipindahkan ke Salemba yaitu RS. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Tahun 1816 – 1942 berdiri rumah sakit – rumah sakit hampir bersamaan yaitu RS. PGI Cikini Jakarta, RS. ST Carollus Jakarta, RS. ST. Boromeus di Bandung, RS Elizabeth di Semarang. Bersamaan dengan itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat.
3. Zaman Penjajahan Jepang (1942 – 1945)
Pada masa ini perkembangan keperawatan mengalami kemunduran, dan dunia keperawatan di Indonesia mengalami zaman kegelapan. Tugas keperawatan dilakukan oleh orang-orang tidak terdidik, pimpinan rumah sakit diambil alih oleh Jepang, akhirnya terjadi kekurangan obat sehingga timbul wabah.
4. Zaman Kemerdekaan
Tahun 1949 mulai adanya pembangunan dibidang kesehatan yaitu rumah sakit dan balai pengobatan. Tahun 1952 didirikan Sekolah Guru Perawat dan sekolah perawat setimgkat SMP. Pendidikan keperawatan profesional mulai didirikan tahun 1962 yaitu Akper milik Departemen Kesehatan di Jakarta untuk menghasilkan perawat profesional pemula. Pendirian Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) mulai bermunculan, tahun 1985 didirikan PSIK ( Program Studi Ilmu Keperawatan ) yang merupakan momentum kebangkitan keperawatan di Indonesia. Tahun 1995 PSIK FK UI berubah status menjadi FIK UI. Kemudian muncul PSIK-PSIK baru seperti di Undip, UGM, UNHAS dll.

nursafitrah mengatakan...

NAMA :NURSAFITRAH
NIM :09038
KELAS:1.A

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA



Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia telah banyak dipengaruhi oleh colonial penjajah di antaranya jepang,belanda dan inggris.Dalam perkembangannya di Indonesia yaitu:

Pertama,masa sebelum kemerdekaan,pada masa itu Negara Indonesia masih dalam penjajahan belanda.Perawat berasal dari Indonesia disebut sebagai verpleger dengan dibantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit,perawat tersebut pertama kali bekerja di rumah sakit Binnen Hospital yang terletak di Jakarta pada tahun 1799 yang di tugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda,sehingga akhirnya pada masa belanda terbentuklah dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat.

Kemudian pada masa penjajahan inggris yaitu Rafless,mereka memperhatikan kesehatan rakyat dengan moto kesehatan adalah milik manusia dan pada saat itu pula telah diadakan berbagai usaha dalam memelihara kesehatan,diantaranya usaha pengadaan pencacaran secara umum,membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa dan memperhatikan kesehatan pada para tawanan.

Kedua,masa setelah kemerdekaan,pada tahun 1949,telah banyak rumah sakit yang telah didirikan serta balai pengobatan dan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan pada tanun 1952 didirikan sekolah perawat,kemudian pada tahun 1962 telah di buka pendidikan keperawatan setara dengan diploma.Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya di buka pendidika keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan di Universitas Indonesia dengan nama program Study Ilmu Keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnya ilmu keperawatan maka menjadi sebuah fakultas ilmu keperawatan dan beberapa tahun kemudian di ikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 di berbagai universitas diindonesia seperti di Bandung,Yogyakarta,Surabaya.

Muh. Fashbil mengatakan...

Nama : Hasnawati
Nim : 09017
Kelas :1A



Sejarah dan perkembangan keperawatan di Indonesia

1. Masa Penjajahan Belanda
Perkembangam keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu pada saat penjajahan kolonial Belanda, Inggris dan Jepang. Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, perawat berasal dari penduduk pribumi yang disebut Velpeger dengan dibantu Zieken Oppaser sebagai penjaga orang sakit.
Tahun 1799 didirikan rumah sakit Binen Hospital di Jakarta untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda. Usaha pemerintah kolonial Belanda pada masa ini adalah membentuk Dinas Kesehatan Tentara dan Dinas Kesehatan Rakyat. Daendels mendirikan rumah sakit di Jakarta, Surabaya dan Semarang, tetapi tidak diikuti perkembangan profesi keperawatan, karena tujuannya hanya untuk kepentingan tentara Belanda.

2. Masa Penjajahan Inggris (1812 – 1816)
Gurbernur Jenderal Inggris ketika VOC berkuasa yaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Berangkat dari semboyannya yaitu kesehatan adalah milik manusia, ia melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain :
- pencacaran umum
- cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
- kesehatan para tahanan
Setelah pemerintahan kolonial kembali ke tangan Belanda, kesehatan penduduk lebih maju. Pada tahun 1819 didirikan RS. Stadverband di Glodok Jakarta dan pada tahun 1919 dipindahkan ke Salemba yaitu RS. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Tahun 1816 – 1942 berdiri rumah sakit – rumah sakit hampir bersamaan yaitu RS. PGI Cikini Jakarta, RS. ST Carollus Jakarta, RS. ST. Boromeus di Bandung, RS Elizabeth di Semarang. Bersamaan dengan itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat.

3. Zaman Penjajahan Jepang (1942 – 1945)
Pada masa ini perkembangan keperawatan mengalami kemunduran, dan dunia keperawatan di Indonesia mengalami zaman kegelapan. Tugas keperawatan dilakukan oleh orang-orang tidak terdidik, pimpinan rumah sakit diambil alih oleh Jepang, akhirnya terjadi kekurangan obat sehingga timbul wabah.

4. Zaman Kemerdekaan

Tahun 1949 mulai adanya pembangunan dibidang kesehatan yaitu rumah sakit dan balai pengobatan. Tahun 1952 didirikan Sekolah Guru Perawat dan sekolah perawat setimgkat SMP. Pendidikan keperawatan profesional mulai didirikan tahun 1962 yaitu Akper milik Departemen Kesehatan di Jakarta untuk menghasilkan perawat profesional pemula. Pendirian Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) mulai bermunculan, tahun 1985 didirikan PSIK ( Program Studi Ilmu Keperawatan ) yang merupakan momentum kebangkitan keperawatan di Indonesia. Tahun 1995 PSIK FK UI berubah status menjadi FIK UI. Kemudian muncul PSIK-PSIK baru seperti di Undip, UGM, UNHAS dll.

nurhidayani mengatakan...

NAMA :NUrhidayani
NIM :09036
KELAS:1.A

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA



Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia telah banyak dipengaruhi oleh colonial penjajah di antaranya jepang,belanda dan inggris.Dalam perkembangannya di Indonesia yaitu:

Pertama,masa sebelum kemerdekaan,pada masa itu Negara Indonesia masih dalam penjajahan belanda.Perawat berasal dari Indonesia disebut sebagai verpleger dengan dibantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit,perawat tersebut pertama kali bekerja di rumah sakit Binnen Hospital yang terletak di Jakarta pada tahun 1799 yang di tugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda,sehingga akhirnya pada masa belanda terbentuklah dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat.

Kemudian pada masa penjajahan inggris yaitu Rafless,mereka memperhatikan kesehatan rakyat dengan moto kesehatan adalah milik manusia dan pada saat itu pula telah diadakan berbagai usaha dalam memelihara kesehatan,diantaranya usaha pengadaan pencacaran secara umum,membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa dan memperhatikan kesehatan pada para tawanan.

Kedua,masa setelah kemerdekaan,pada tahun 1949,telah banyak rumah sakit yang telah didirikan serta balai pengobatan dan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan pada tanun 1952 didirikan sekolah perawat,kemudian pada tahun 1962 telah di buka pendidikan keperawatan setara dengan diploma.Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya di buka pendidika keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan di Universitas Indonesia dengan nama program Study Ilmu Keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnya ilmu keperawatan maka menjadi sebuah fakultas ilmu keperawatan dan beberapa tahun kemudian di ikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 di berbagai universitas diindonesia seperti di Bandung,Yogyakarta,Surabaya.

farid al faclin mengatakan...

TUGAS KDK
SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA
Nama : Farid al Faclin.F
Nim :09014
Kelas :1a
1. sejarah perkembangan islam pada zaman penjajahan

a.masa penjajahan belanda .

perkembangan keperawatan di indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu saat penjajahan kolonial belanda, inggris, dan jepang. pada masa pemerintahan kolonial belanda, perawat berasal dari penduduk pri bumi yang disebut Verpleger dengan dibantu Zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit.perawat tersebut pertama kali bekerja dirumah sakit Binnen Hospital jakarta pada tahun 1799 yang ditugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara belanda.

usaha pemerintahn kolonial belanda pada masa ini adalah membentuk dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat. Daendels mendirikan rumah sakit dijakarta, surabaya, dan semarang, tetapi tidak diikuti perkembangan keperawatan, karena tujuannya hanya untuk kepentingan tentara belanda.

b.masa penjajahan inggris.

gubernur jenderal inggris ketika VOC berkuasayaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. berangkat dari semboyannya yaitu kesehatan adalah milik manusia, ia melakukan berbagai upaya memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain:

- pencacaran umum.

- cara perawatan pasien dengan
ganguan jiwa.

- kesehatan para tahanan.

seterlah pemerintahan kolonial kembali ke tangan belanda, beberapa penduduk lebih maju. pada tahun 1819 didirikan RS.Stadsverband di glodok jakarta dan pada tahun 1919 di pindahkan ke salemba yaitu RS.Cipto mangunkusomo (RSCM). tahun 1816-1942 berdiri rumah sakit-rumah sakit hampir bersamaan yaitu RS.PGI cikini jakarta,RS.ST boromeus di bandung, RS.elizabeth di semarang. bersamaan itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat.pada tahun 1942-1945 terjadi kekalahan tentara sekutu dan kedatangan tentara jepang.

c.masa penjajahan jepang.

memyebabakan perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di indonesia. kemunduran ini terlihat pada:

- pekerjaan perawatdikerjakan oleh oranr-orang yang terdidik.

- pimpinan RS di ambil alih oleh orang-orang jepang.

- obat-obatan sangat kekurangan.

- wabah penyakit terjadi dimana-mana.

2. Zaman kemerdekaan

Usaha-usaha dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibangun rumah skit dan balai kesehatn. Tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP tahun 1962 mulai didirikan pendidikan keperawatan professional.

v Tahun 1962-sekarang
Keperawatan mulai berkembang dengan pesat
Tahun 1962 mulai banyak berdiri akademi keperawatan (AKPER) tahun 1985 program studi ilmu keperawatan (PSIK) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran universitas Indonesia lulusan I tahun 1988
Dampak : Meningkatkan pelayanan keperawatan, pendekatan proses keperawatan dan meningkatkan peran dan fungsi perawat.

v Tahun 1962-sekarang
Keperawatan mulai berkembang dengan pesat
Tahun 1962 mulai banyak berdiri akademi keperawatan (AKPER) tahun 1985 program studi ilmu keperawatan (PSIK) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran universitas Indonesia lulusan I tahun 1988
Dampak : Meningkatkan pelayanan keperawatan, pendekatan proses keperawatan dan meningkatkan peran dan fungsi perawat.

siti nurulmursida mengatakan...

nama : siti nurul murzidah
nim:09046
kelas : 1a

Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia dari Masa Penjajahan Sampai Sekarang

Perkembangan keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi social dan ekonomi oleh colonial penjajah diantaranya jepang, belanda, dan inggris, serta situasi pemerintahan Indonesia setelah Indonesia merdeka. Dalam perkembangannya di Indonesia dibagi menjadi masa yaitu masa sebelum kemerdekaan dan masa setelah kemerdekaan.
1. Masa sebelum kemerdekaan

Masa penjajahan belanda
pada masa itu Negara Indonesia masih dalam penjajahan belanda. Perawat berasal dari Indonesia disebut sebagai verpleger dengan dibantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit, perawat tersebut pertama kali bekerja di rumah sakit binnen hospital yang terletak di Jakarta pda tahun 1799 yang ditugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara belanda, sehingga akhirnya pada masa belanda terbentuklah dinas kesehatan tentara(military gezond herds dients)dan dinas kesehatan rakyat(Burgerlijke gezandherds dienst). Mengingat tujuan pendirian rumah sakit hanya untuk kepentingan belanda, maka tidak diikuti perkembangan keperawatan. Belanda juga mendirikan rumah sakit II Butten Hospital

Zaman penjajahan Inggris
Gubernur jendral Rafles sangat memperhatikan rakyat semboyan :Kesehatan adalah milik manusia. Usaha-usahanya dibidang kesehatan :
- Pencacaran secara umum
- Membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
- Memperhatikan kesehatan pada para tawanan

Zaman penjajahan Jepang
Menyebabkan perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di Indonesia. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada
à pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik,
à Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang jepang,
à Obat-obatan sangat kurang
à Wabah penyakit terjadi dimana-mana.
2. Zaman kemerdekaan

Usaha-usaha dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibangun rumah skit dan balai kesehatn. Tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP tahun 1962 mulai didirikan pendidikan keperawatan professional.

v Tahun 1962-sekarang
Keperawatan mulai berkembang dengan pesat
Tahun 1962 mulai banyak berdiri akademi keperawatan (AKPER) tahun 1985 program studi ilmu keperawatan (PSIK) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran universitas Indonesia lulusan I tahun 1988
Dampak : Meningkatkan pelayanan keperawatan, pendekatan proses keperawatan dan meningkatkan peran dan fungsi perawat.

v Tahun 1962-sekarang
Keperawatan mulai berkembang dengan pesat
Tahun 1962 mulai banyak berdiri akademi keperawatan (AKPER) tahun 1985 program studi ilmu keperawatan (PSIK) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran universitas Indonesia lulusan I tahun 1988
Dampak : Meningkatkan pelayanan keperawatan, pendekatan proses keperawatan dan meningkatkan peran dan fungsi perawat.

Andi Patriawati mengatakan...

ANDI PATRIAWATI
09002
1A

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA
Perawatan sudah dilaksanakan sejak adanya manusia dan yang jadi sasarannya adalah manusia dari sejak lahir sampai dengan datangnya kematian. Di Indonesia pekerjaan perawat dikerjakan berdasarkan naluri perasaan keibuan untuk merawat anak-anaknya (Mother Instinct). Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia telah banyak di pengaruhi oleh penjajah diantaranya Jepang, Belanda, dan Inggris. Dalam perkembangan di Indonesia di bagi menjadi beberapa bagian diantaranya.

1. Zaman VOC, (1602 – 1799)
Orang-orang Belanda datang ke Indonesia pertama kali dengan maksud untuk berdagang. Dalam usaha perdagangannya itu di bentuklah VOC. Sehubungan dengan adanya staf dan tentara maka dua usaha kesehatan. Untuk itu didirikanlah rumah sakit yang pertama yang bernama " Binnen Hospital " didirikan pada tahun 1641 bertempat di Batavia ( sekarang Jakarta) Tenaga perawatannya diambil dari penduduk pribumi ( Bumi Putera ) yang diberi nama Zieken oppaser ( penjaga orang sakit) Rumah sakit ini dibawah pengawasan dokter militer. Pada tahun 1724-1744) di luar kota didirikan rumah sakit yang kedua yang diberi nama : Buiten Hospital mengantikan Binnen Hospital yang di tutup pada tahun1808. Karena VOC dibubarkan 1799 maka oleh pemerintahan Belanda menyerahkan kepada pemerintah Indonesia yang kemudian membentuk Organisasi Negara " Hindia Belanda". Pada tahun zaman penjajahan belanda I ( 1799-1811 ) tidak ada usaha kesehatan yang boleh dikatakan menonjol pada umumnya merupakan usaha lanjutan dari apa yang telah ada. Pengaruh kententaraan pada keperawatan mulai ada usaha-usaha dibidang kesehatan yang antara lain
MGD ( Militaire Gezondsheids Dienst ) - dinas kesehatan tentara
BGD (Burgerlije Gezon Dienst ) – dinas kesehatan rakyat

2. Zaman penjajahan Belanda 1 (1799-1811)
Perkembangan keperawatan di Indonesia di pengaruhi oleh kondisi sosial
Ekonomi yaitu pada saat penjajahan kolonial Belanda, Inggris dan Jepang. Pada
masa pemerintahan kolonial Belanda,perawat berasal dari penduduk pribumi yang
disebut Velpeger dengan dibantu Ziegen Oppager sebagai penjaga orang sakit.
Di zaman ini tidak ada usaha-usaha dibidang kesehatan yang boleh di katakan menonjol. Usaha yang ada umumnya hanya merupakan usaha lanjutan dari apa yang telah ada.
3. Zaman penjajahan Inggris (1811-1816)
Gubernur jenderal Raeffles sangat mamperhatikan kesehatan rakyat. Usaha-usaha dibidang kesehatan tersebut dinyatakan dalam kata-katanya: ”Kesehatan adalah milik manusia”. Usaha-usahanya yang dapat kita lihat adalah:
a. Mengadakan pencacaran umum
b. Memperbaiki perawatan orang sakit gila (jiwa)
c. Memperbaiki perawatan bagi orang-orang tahanan

Setelah pemerintahan kolonial kembali ke tangan Belanda, kesehatan penduduk lebih maju pada tahun 1819 di dirikan Rumah sakit stadverband di Glodok Jakarta pada tahun 1919 dipindahkan ke Salemba yaitu Rumah sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Tahun 1816-1942 berdiri rumah sakit-rumah sakit hampi bersamaan yaitu Rumah sakit PGI Cikini Jakarta, RS. st. carrolus Jakarta,RS st.Boromeus di bandung, RS. elizabeth di emarang bersamaan dengan itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat.
4. Zaman penjajahan jepang (1942-1945)
Pada zaman penjajahan jepang ini boleh dikatakan perawatan menjadi mundur. Pimpinan rumah sakit yang tadinya terdiri dari orang-orang Belanda, kemudian diambil alih oleh orang-orang jepang, dan sebagian lagi oleh bangsa Indonesia. Obat-obatan dirasakan sangat kurang, sampai akhirnya dipergunakannya daun pisang dan pelapah pisang.

Tahun 1962- sekarang
Perawatan mulai berkenbang dengan pesat, dengan didirikannya pendidikan akademi keperawatan (AKPER) dan pada tahun 1962 dan Program Studi Ilmu keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran Universitas Indonsia di Jakarta (1985), yang membawa dampak positif terhadap pelayanan perawatan. Pendekatan perawatan menggunakan proses perawatan yang berdasarkan pada kebutuhan manusia seutuhnya.

sugiarto mengatakan...

nama : sugiarto
nim : 09050
tingkat : I.a

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN di INDONESIA

Perkembanagan keperawatan di Indonesia di pengaruhi oleh kondisi social dan ekonomi yaitu penjajahan pemerintahan colonial Belnda, Inggris dan Jepang serta situasi pemerintahan Indonesia setelah Indonesia merdeka

1.Masa penjajahan Belanda
Pada masa itu perawat berasal dari pendudk pribumi yang disebut VELPLEGEK dengan sebutan zieken oppaser sebagai penjaga rumah sakit. Dalam usahanya dibidang kesehatan sebagai berikut :
a.Mendirikan rumah sakit Binnen Hospital di Jakarata pada tahun 1799
b.Mendirikan rumah sakit Butten Hospital
c.Membentuk dinas kesehatan tentara ( military gezond herds dients )
d.Membentuk dinas kesehatan rakyat ( burgerlijike gezandherds dients )

2.Masa penjajahan Inggris
Gubernur jenderal Raffles sangat memperhatikan rakyat semboyan : “ kesehatan adalah milik manusia ”. usahanya dalam bidang kesehatan sebagai berikut :
a.Pencacaran secara umum
b.Membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
c.Memperhatika kesehatan pada para tawanan

3.Masa penjajahan Jepang

Perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di Indonesia. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada :

a.Pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik
b.Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang Jepang
c.Obat-obatan sangat kurang
d.Wabah penyakit terjadi dimana-mana

Zaman kemerdekaan usaha-usahanya dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibnagun rumah sakit dan balai kesehatan,pada tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP , tahun 1962 mulai didrikan pendidikan keperawatan profesional. Pada tahun 1962 keperawatan mulai berkembang dengan pesat dan pada tahun ini mulai banyak berdiri akademi keperawatan ( AKPER ) tahun 1985 program study ilmu keperawatan ( PSIK ) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran Universitas Indonesia lulusan 1 tahun 1988.

Dampak : - meningkatkan pelayanan keperawatan,p pendekatan proses keperawatan, dan meningkatkan peran dan fungsi perawat

Hasrawati mengatakan...

Nama : Hasrawati
Nim : 09018
Kelas : 1a

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN INDONESIA

-Masa Penjajahan :


Pada masa penjajahan Belanda, perawat berasal dari Indonesia disebut verpleger dengan dibantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga rumah sakit, perawat tersebut pertama kali bekerja di rumah sakit Binnen Hospital yang terletak di Jakarta pada tahun 1799 yang di tugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda, sehingga akhirnya pada masa Belanda terbentuklah dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat. Kemudian pada masa penjajahn Inggris yaitu Rafless, mereka memperhatikan kesehatan rakyat dengan moto kesehatan adalah milik manusia dan pada saat itu pula telah diadakan berbagai usaha dalam memelihara kesehatan diantaranya usaha pengasaan pencacaran secara umum, membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa dan memperhatikan kesehatan pada para tawanan.

Beberapa rumah sakit dibangun khususnya di Jakarta yaitu pada tahun 1819, didirikan rumah sakit Stadsverband, kemudian pada tahun 1919 rumah sakit tersebut pindah ke Salemba dan sekarang dikenal dengan nama RSCM.

-Masa Kemerdekaan :


Pada tahun 1949 telah banyak rumah sakit yang didirikan serta balai pengobatan dan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan pada tahun 1952 didirikan sekolah perawat, pada tahun 1962 dibuka pendidikan keperawatan setara dengan diploma. Tahun 1985 dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksanakan dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana d Universitas Indonesia. Dengan perkembangan Ilmu Keperawatan, maka menjadi sebuah Fakultas Ilmu Keperawatan dan beberapa tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai universitas di Indonesia seperti di Bandung, Yogyakarta, Surabaya,dll.

Setelah lokakarya pada tahun 1983, proses menjadikan diri professional sudah bmulai dirasakan dengan adanya proses pengakuan dari profesi lain.

sugiarto mengatakan...

nama : sugiarto
nim : 09050
tingkat: I.a

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN di INDONESIA

Perkembanagan keperawatan di Indonesia di pengaruhi oleh kondisi social dan ekonomi yaitu penjajahan pemerintahan colonial Belnda, Inggris dan Jepang serta situasi pemerintahan Indonesia setelah Indonesia merdeka

1.Masa penjajahan Belanda
Pada masa itu perawat berasal dari pendudk pribumi yang disebut VELPLEGEK dengan sebutan zieken oppaser sebagai penjaga rumah sakit. Dalam usahanya dibidang kesehatan sebagai berikut :
a.Mendirikan rumah sakit Binnen Hospital di Jakarata pada tahun 1799
b.Mendirikan rumah sakit Butten Hospital
c.Membentuk dinas kesehatan tentara ( military gezond herds dients )
d.Membentuk dinas kesehatan rakyat ( burgerlijike gezandherds dients )

2.Masa penjajahan Inggris
Gubernur jenderal Raffles sangat memperhatikan rakyat semboyan : “ kesehatan adalah milik manusia ”. usahanya dalam bidang kesehatan sebagai berikut :
a.Pencacaran secara umum
b.Membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
c.Memperhatika kesehatan pada para tawanan

3.Masa penjajahan Jepang

Perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di Indonesia. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada :

a.Pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik
b.Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang Jepang
c.Obat-obatan sangat kurang
d.Wabah penyakit terjadi dimana-mana

Zaman kemerdekaan usaha-usahanya dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibnagun rumah sakit dan balai kesehatan,pada tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP , tahun 1962 mulai didrikan pendidikan keperawatan profesional. Pada tahun 1962 keperawatan mulai berkembang dengan pesat dan pada tahun ini mulai banyak berdiri akademi keperawatan ( AKPER ) tahun 1985 program study ilmu keperawatan ( PSIK ) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran Universitas Indonesia lulusan 1 tahun 1988.

Dampak : - meningkatkan pelayanan keperawatan,p pendekatan proses keperawatan, dan meningkatkan peran dan fungsi perawat

irma mengatakan...

Nama : IRMA PERTIWI HAERUDDIN
Nim :09020
Kelas:I.a


1).sejarah perkembangan keperawatan di indonesia pada zaman penjajahan.

a.masa penjajahan belanda .

perkembangan keperawatan di indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu saat penjajahan kolonial belanda, inggris, dan jepang. pada masa pemerintahan kolonial belanda, perawat berasal dari penduduk pri bumi yang disebut Verpleger dengan dibantu Zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit.perawat tersebut pertama kali bekerja dirumah sakit Binnen Hospital jakarta pada tahun 1799 yang ditugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara belanda.

usaha pemerintahn kolonial belanda pada masa ini adalah membentuk dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat. Daendels mendirikan rumah sakit dijakarta, surabaya, dan semarang, tetapi tidak diikuti perkembangan keperawatan, karena tujuannya hanya untuk kepentingan tentara belanda.

b.masa penjajahan inggris.

gubernur jenderal inggris ketika VOC berkuasa yaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. berangkat dari semboyannya yaitu kesehatan adalah milik manusia, ia melakukan berbagai upaya memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain:

- pencacaran umum.

- cara perawatan pasien dengan
ganguan jiwa.

- kesehatan para tahanan.

seterlah pemerintahan kolonial kembali ke tangan belanda, beberapa penduduk lebih maju. pada tahun 1819 didirikan RS.Stadsverband di glodok jakarta dan pada tahun 1919 di pindahkan ke salemba yaitu RS.Cipto mangunkusomo (RSCM). tahun 1816-1942 berdiri rumah sakit-rumah sakit hampir bersamaan yaitu RS.PGI cikini jakarta,RS.ST boromeus di bandung, RS.elizabeth di semarang. bersamaan itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat.pada tahun 1942-1945 terjadi kekalahan tentara sekutu dan kedatangan tentara jepang.

c.masa penjajahan jepang.

memyebabkan perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di indonesia. kemunduran ini terlihat pada:

- pekerjaan perawat dikerjakan oleh oranr-orang yang terdidik.

- pimpinan RS di ambil alih oleh orang-orang jepang.

- obat-obatan sangat kekurangan.

- wabah penyakit terjadi dimana-mana.

2). sejarah perkembangan keperawatan pada zaman kemerdekaan.

tahun 1949 mulai adanya pembangunan di bidang kesehatan yaitu rumah sakit dan balai pengobatan. tahun 1952 didirikan sekolah perawat dan sekolah perawat setingkat SMP. pendidikan keperawatan profesional mulai didirikan tahun 1962 yaitu akper milik Departemen kesehatan di jakarta untuk memghasilkan perawat profesional pemula.

3.Tahun 1962-sekarang

keperawatan mulai berkembang pesat. Tahun 1962 mulai banyak berdiri akademi keperawatan (AKPER) tahun 1985 program studi ilmu keperawatan (PSIK) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran universitas indonesia lulusan 1 tahun 1988.
Dampak: meningkatkan pelayanan keperawatan, pendekatan prose keperawatan dan meningkatkan peran dan fungsi perawat.

anshari mengatakan...

nama :Anshari
nim : 09005
tingkat:1a

1).sejarah perkembangan keperawatan di indonesia pada zaman penjajahan.

a.masa penjajahan belanda .

perkembangan keperawatan di indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu saat penjajahan kolonial belanda, inggris, dan jepang. pada masa pemerintahan kolonial belanda, perawat berasal dari penduduk pri bumi yang disebut Verpleger dengan dibantu Zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit.perawat tersebut pertama kali bekerja dirumah sakit Binnen Hospital jakarta pada tahun 1799 yang ditugaskan untuk memelihara kesehatan staf dan tentara belanda.

usaha pemerintahn kolonial belanda pada masa ini adalah membentuk dinas kesehatan tentara dan dinas kesehatan rakyat. Daendels mendirikan rumah sakit dijakarta, surabaya, dan semarang, tetapi tidak diikuti perkembangan keperawatan, karena tujuannya hanya untuk kepentingan tentara belanda.

b.masa penjajahan inggris.

gubernur jenderal inggris ketika VOC berkuasayaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. berangkat dari semboyannya yaitu kesehatan adalah milik manusia, ia melakukan berbagai upaya memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain:

- pencacaran umum.

- cara perawatan pasien dengan
ganguan jiwa.

- kesehatan para tahanan.

seterlah pemerintahan kolonial kembali ke tangan belanda, beberapa penduduk lebih maju. pada tahun 1819 didirikan RS.Stadsverband di glodok jakarta dan pada tahun 1919 di pindahkan ke salemba yaitu RS.Cipto mangunkusomo (RSCM). tahun 1816-1942 berdiri rumah sakit-rumah sakit hampir bersamaan yaitu RS.PGI cikini jakarta,RS.ST boromeus di bandung, RS.elizabeth di semarang. bersamaan itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat.pada tahun 1942-1945 terjadi kekalahan tentara sekutu dan kedatangan tentara jepang.

c.masa penjajahan jepang.

memyebabakan perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di indonesia. kemunduran ini terlihat pada:

- pekerjaan perawatdikerjakan oleh oranr-orang yang terdidik.

- pimpinan RS di ambil alih oleh orang-orang jepang.

- obat-obatan sangat kekurangan.

- wabah penyakit terjadi dimana-mana.

2). sejarah perkembangan keperawatan pada zaman kemerdekaan.

tahun 1949 mulai adanya pembangunan di bidang kesehatan yaitu rumah sakit dan balai pengobatan. tahun 1952 didirikan sekolah perawat dan sekolah perawat setingkat SMP. pendidikan keperawatan profesional mulai didirikan tahun 1962 yaitu akper milik Departemen kesehatan di jakarta untuk memghasilkan perawat profesional pemula. pendirian fakultas ilmu keperawatan (FIK) mulai bermunculan, tahun 1985didirikan PSIK ( program studi ilmu keperawatan )yang merupakan momentum kebangkitan keperawatandi indonesia. tahun 1995 PSIK FK ui berubah status menjadi FK UI. kemudian muncul PSIK-PSIK baru seperti di undip , UGM, UNHAS dll.

syam mengatakan...

Nama: syamsuriadi
Nim :09058
Kelas:1.a

Sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh kolonial poenjajah diantaranya Jepang, belanda dan Inggris. Dalam perkembangan di Indonesia dibagi menjadi dua masa diantaranya :
Pertama, masa sebelum kemerdekaan, pada masa itu negara Indonesia masih dalam penjajahan Belanda. Perawat berasal dari Indonesia disebut sebagai verpleger dengan dibantu oleh zieken oppaser sebagai penjaga orang sakit, perawat tersebut pertama kali bekerja di rumah sakit Binnen Hospital yang terletak di Jakarta pada tahun 1799 yang ditugaskan untuk memeliharea kesehatan staf dan tentara Belanda sehingga pada akhirnya masa Belanda terbentuklah Dinas kesehatan dan masyarakat. Kemudian pada masa penjajahan Inggris yaitu Rafless, mereka memperhatikan kesehatan rakyat dengan motto kesehatan adalah milik manusia dan pada saat itu pula telah diadakan berbagai usaha dalam memlihara kesehatan diantaranya usaha pengadaan dan pencacaran secara umum, membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa dan memperhatikan kesehatan pada para tawanan. Beberapa rumah sakit dibangun khususnya di jakarta yaitu pada tahun 1819, didirikan rumah sakit Stadsverband, kemudian pada tahun 1919 rumah sakit tersebut pindah ke Salemba dan sekarang dikenal dengan nama RSCM ( Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo), kemudian diikuti rumah sakit milik swasta. Pada tahun 1942-1945 terjadi kekalahan tentara sekutu dan kedatangan tentara Jepang.
Kedua, masa setelah kemerdekaan, pada tahun 1949 telah banyak rumah sakit yang didirikan serta balai kesehatan pada tahun 1952 didirikan sekolah perawat, kemudian pada tahun 1962 telah dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan diploma. Pada tahun 1985 untuk pertama kalinya dibuka pendidikan keperawatan setingkat dengan sarjana yang dilaksankan di Universitas Indonesia dengan nama program studi ilmu keperawatan dan akhirnya dengan berkembangnya ilmu keperawatan maka menjadi sebuah fakultas keperawatan yang beberapa tahun kemudian diikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai Universitas di Indonesia seperti di Bnadung, Yogyakarta, Surabaya, dll. Setelah lokakarya pada tahun 1983 proses menjadikan diri profesional sudah mulai dirasakan dengan adanya proses pengakuan dari profesi lainnya.

Muthmainna mengatakan...

Nama : muthmainna
Kelas : 1A
Nim : 09032


SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN di INDONESIA

Perkembanagan keperawatan di Indonesia di pengaruhi oleh kondisi social dan ekonomi yaitu penjajahan pemerintahan colonial Belnda, Inggris dan Jepang serta situasi pemerintahan Indonesia setelah Indonesia merdeka

1. Masa penjajahan Belanda
Pada masa itu perawat berasal dari pendudk pribumi yang disebut VELPLEGEK dengan sebutan zieken oppaser sebagai penjaga rumah sakit. Dalam usahanya dibidang kesehatan sebagai berikut :
a. Mendirikan rumah sakit Binnen Hospital di Jakarata pada tahun 1799
b. Mendirikan rumah sakit Butten Hospital
c. Membentuk dinas kesehatan tentara ( military gezond herds dients )
d. Membentuk dinas kesehatan rakyat ( burgerlijike gezandherds dients )

2. Masa penjajahan Inggris
Gubernur jenderal Raffles sangat memperhatikan rakyat semboyan : “ kesehatan adalah milik manusia ”. usahanya dalam bidang kesehatan sebagai berikut :
a. Pencacaran secara umum
b. Membenahi cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
c. Memperhatika kesehatan pada para tawanan

3. Masa penjajahan Jepang

Perkembangan keperawatan mengalami kemunduran yang juga merupakan zaman kegelapan dunia keperawatan di Indonesia. Kemunduran-kemunduran ini terlihat pada :

a. Pekerjaan perawat dikerjakan oleh orang-orang yang tidak terdidik
b. Pimpinan RS diambil alih oleh orang-orang Jepang
c. Obat-obatan sangat kurang
d. Wabah penyakit terjadi dimana-mana

Zaman kemerdekaan usaha-usahanya dibidang kesehatan tahun 1949 mulai dibnagun rumah sakit dan balai kesehatan,pada tahun 1952 mulai didirikan sekolah perawat yaitu sekolah guru perawat dan sekolah perawat setingkat SLTP , tahun 1962 mulai didrikan pendidikan keperawatan profesional. Pada tahun 1962 keperawatan mulai berkembang dengan pesat dan pada tahun ini mulai banyak berdiri akademi keperawatan ( AKPER ) tahun 1985 program study ilmu keperawatan ( PSIK ) diselenggarakan oleh fakultas kedokteran Universitas Indonesia lulusan 1 tahun 1988.

Dampak : - meningkatkan pelayanan keperawatan,p pendekatan proses keperawatan, dan meningkatkan peran dan fungsi perawat

Abdul Haris Awie mengatakan...

Namaku s;SKpsks S

Sri indah pertiwi nensi mengatakan...

SRI INDAH PERTIWI NENSI
09111
1B
AKPER MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Benarkah Florence Nagtingale perawat pertama?
Bukan, karena Florence Nagtingle pada tahun (1820-1910) hanya sebagai pelopor perawat modern pertama bukan sebagai perawat pertama. Karena jauh sebelumnya telah ada yang lebih dulu sebagai perawat yaitu Fransiscus pada tahun (1123). Ia merawat orang-orang penderita lepra. Jadi jelas ada perawat sebelum Florence Nagtingle dan Florence Nagtingle hanya di kenal sebagai THE LADY WITH THE LAMP.Dan sampai sekarang belum di ketahui siapa perawat pertama di dunia.

Dewi satrianah mengatakan...

DEWI SATRIANA
09072
1B
AKPER MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Benarkah Florence Nagtingale perawat pertama?
Bukan, karena Florence Nagtingale lahir di Firenze (Florence). Italia tanggal 12 mei 1820, hanya sebagai pelopor perawat modern pertama bukan sebagai perawat pertama. Karena jauh sebelumnya telah ada yang lebih dulu sebagai perawat yaitu Fransiscus pada tahun (1123). Ia merawat orang-orang penderita lepra. Jadi jelas ada perawat sebelum Florence Nagtingle .Dan sampai sekarang belum di ketahui siapa perawat pertama di dunia.

Hamina mengatakan...

Hamina
09078
1B
AKPER MUHAMMADIYAH MAKASSAR



Benarkah Florence Nagtingale Perawat pertama?
Tidak,menurut saya Florence Nagtingale bukan perawat pertama melainkan pelopor perawat modern karena di Indonesia sendiri pada tahun 1819 telah berdiri rumah sakit RSCM dan juga memiliki perawat dan mungkin masih banyak lagi perawat sebelumnya tapi belum di ekspor,dan pada tahun 1103 telah ada perawat pertama yaitu: FRANCISCUS.

Hamina mengatakan...

Mahra
09089
1B
AKPER MUHAMMADIYAH MAKASSAR



Benarkah Florence Nagtingale Perawat pertama?
Florence nugtingale lahir di Italia pada tanggal 12 mei 1820,dia mengunjungi kaiserswerth pada tahun 1846 untuk mengenal lebih jauh tentang rumah sakit.di sana ia tertarik dengan pekerjaan dalam dunia keperawatan.tanggal 12 agustus 1853 Florence kembali ke London dan kembali kesana.
Saya tidak setuju Florence Nugtingale di katakana sebagai perawat pertama karma pada tahun 1103M telah ada perawat pertama penyakit kusta yaitu FRANCISCUS Yang mungkin tidak terlalu di ketahui karna tidak di ekspos saat itu,di Indonesia sendiri telah memiliki rumah sakit yaitu RSCM yang juga memiliki perawat pada tahun 1819.

Mahra mengatakan...

Mahra
09089
1B
AKPER MUHAMMADIYAH MAKASSAR



Benarkah Florence Nagtingale Perawat pertama?
Florence nugtingale lahir di Italia pada tanggal 12 mei 1820,dia mengunjungi kaiserswerth pada tahun 1846 untuk mengenal lebih jauh tentang rumah sakit.di sana ia tertarik dengan pekerjaan dalam dunia keperawatan.tanggal 12 agustus 1853 Florence kembali ke London dan kembali kesana.
Saya tidak setuju Florence Nugtingale di katakana sebagai perawat pertama karma pada tahun 1103M telah ada perawat pertama penyakit kusta yaitu FRANCISCUS Yang mungkin tidak terlalu di ketahui karna tidak di ekspos saat itu,di Indonesia sendiri telah memiliki rumah sakit yaitu RSCM yang juga memiliki perawat pada tahun 1819.

Unknown mengatakan...

Nama:Suharni
Nim:09.114
Kelas:1B

Benarkah Florence Naghtingale perawat pertama???

Bukan,Florence Naghtingale(1820) adalah pelopor perawat modern bukanlah perawat pertama.Penghargaan sebagai Ibu perawat dan Bidadari Berlampu itu di berikan oleh para prajurit yang ikt peperangan.Yang sebelumnya telah ada Franciscus(1103)yang merawat orang-orang yang berpenyakit kusta,dan di dirikan Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo(1819).

Dan sampai sekarangpun belum di ketahui siapa perawat pertama...

green99 mengatakan...

Nama : Irmawati
Nim : 09084
Kelas : 1 B

Assalamu Alaikum warahmatullahi Wabarakatu.

Komentar "

Florence Naghtingale Lahir pada tanggal 12 Mei 1820, Dia bukanlah perawat pertama melainkan dia adalah seorang pelopor perawat pertama moderen, secara logika dia dipastikan bukanlah perawat pertama. Karena pada saat itu, disana telah berdiri Rumah Sakit moderen Ploner yang dipelopori oleh Pendeta Untuk dikelola oleh para biarawati, yang tidak mungkin berdiri tanpa adanya perawat. Tahun 1819 di Indonesia sendiri telah berdiri Rumah Sakit Cipto Mangkusumo ( Rumah Sakit Glodok ) yang juga lebih dahulu daripada Tahun kelahiran Florence, yaitu yang lahir pada Tanggal 12 Mei 1820.

Logo LENSA Komunika